bintang jatuh

Rabu, 14 Desember 2011

kumpulan cerpen djenar maesa ayu



“SMS”
Sms merupakan salah satu cerpen dari kumpulan cerpen mereka bilang, saya monyet!. Sms ini merupakan cerpen karya Djenar Maesa Ayu. Djenar menampilkan cerpen sms bukan hanya dengan kata-kata, tetapi juga memanfaatkan angka-angka sebagaimana layaknya pesan yang ditampilkan di sms. Di cerpen ini penulis membebaskan pembacanya untuk berimajinasi pada setiap larik dalam tiap sms. Cerpen ini bisa dikatakan sangat asli dengan meggunakan latar kehidupan. Cerpen ini menceritakan tentang kehidupan sosial yang terjadi di lingkungan metropolitan. Suatu keadaan yang dimana percintaan, perselingkuhan, seks bebas, dan percintaan sesama jenis bukan lagi hal yang aneh bagi masyarakat. Karenanya kebohongaan dalam hal percintaan adalah hal yang biasa.
Cerpen sms ini memang beda seperti cerpen-cerpen yang lain dimana yang isinya hanya sebuah pesan-pesan singkat, dan tidak ada penjelesan yang detail. Pembaca pun harus berekspresi sendiri untuk dapat memahami isi pesan tersebut. Pesan ini berisi tentang seorang wanita-wanita yang sudah bersuami tetapi masih saja berselingkuh. Dan selingkuhannya pun adalah partner kerja si suaminya sendiri. Perselingkuhan yang dilakukan sebenarnya hanya untuk memenuhi nafsu saja, main-main di motel-motel lalu bercinta. Dan ternyata selingkuhan-selingkuhannya adalah gay. Dimana suami merekapun adalah pecinta sesama jenis. Berbohong kepada pasangan adalah hal yang biasa, mungkin menurut mereka berbohong demi kebaikan tidak ada salahnya.
Menurut saya Djenar Maesa Ayu ini seorang penulis yang sangat jeli dalam membuat tulisan-tulisannya, karena ia mampu menginspirasikan sebuah pesan-pesan sms untuk dijadikan sebuah cerpen yang begitu nyata dengan kehidupan metropolitan saat ini. Penulis juga tidak asal membuat cerpen, tetapi dia juga membuat cerpen yang berbeda sekali. Dimana pembaca ikut menjadi lakon dalam tokoh-tokoh yang berbeda. Pembaca mengimajinasikan untuk menjadi para tokoh di cerpen sms, agar mampu memahami pesan singkat tersebut.
“LINTAH”
Salah satu cerpen yang menarik karya Djenar Maesya ayu yang berjudul lintah ini sedikit fulgar dan bahasa yang digunakannya pun bersifat bebas. Menceritakan tentang kehidupan seorang anak yang merasa tertindas dari sikap ibunya dan pacar ibunya. ia menggambarkan pacar ibunya atau orang- orang munafik seperti seekor lintah. Dimana ibunya sangat mencintai lintahnya daripada anaknya sendiri. Sang anak tersebut berusaha mencari cara agar lintah tersebut terjauh dari ibunya tanpa melakukan perlawanan, disini sang anak juga mencari perhatian kepada si pembaca untuk membebaskan dirinya dari perlakuan si lintah tersebut.
Disini diceritakan tentang seorang anak yang bernama Maha, yang menjadi korban atas percintaan ibunya. semenjak ibunya membawa lintah kedalam rumah, maha merasa lintah tersebut seenaknya terhadap maha. Menggunakan fasilitas dalam rumah yang seharusnya maha pergunakan. Enam bulan lintah itu hidup dengannya. Semakin hari kebenciannya pun semakin bertambah. Suatu hari ia mengadu kepada ibunya, tetapi yang ada ibunya malah membela si lintah. Ibunya pun seringkali mengajak lintah untuk masuk kedalam kamar.
Semakin hari ibunya dan lintah semakin erat saja. Kalau dulu ibunya hanya mengajak lintah masuk kekamar sekarang lintah di bawa kemana-mana setiap maha dan ibunya berpergian. Suatu hari maha ingin mendapatkan simpati tetapi yang ada ia malah ditempeleng oleh ibunya. maha ingin sekali memberontak tetapi ia tak pernah melakukan perlawanan. sampai pada suatu hari saat ibunya pergi dan lintahpun baru saja pulang sekolah. Ia memasuki kamar ibunya dan berbaring diranjang ibunya. dan disitu ia menghirup bau badan yang sangat ia kenal dan pula ia benci. Benar perkirannya lintah tersebut sudah berdiri disebelah ranjang tersebut. Dan ia langsung melucuti pakaian maha untuk ditidurinya. Dan maha belum sempat cerita ke ibunya karena ia diberitahu lebih dahulu bahwa ibunya akan menikah dengan lintah tersebut.
Perbedaan antara cerpen sms dan lintah sudah sangat terlihat jelas. Dari segi penulisannya pun sudah terlihat berbeda. Cerpen sms dibuat dengan berbentuk pesan-pesan singkat sedangkan cerpen lintah dibuat berbentuk cerita. Cerita dari cerpen sms tentang kehidupan metropolitan saat ini. Dimana menurut mereka seks bebas bukanlah hal yang tabu. Sedangkan cerpen lintah menceritakan tentang penindasan seorang anak terhadap perlakuan seorang ibu dan pacar sang ibu. Dimana ibunya sangat membela dan mempercayai pacarnya dibandingkan anaknya sendiri. Disini si anak selalu ingin menentang tetapi tidak pernah melakukan perlawanan, si anak sangat ingin mendapat simpati dari si pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar